Saat belum lama bergabung di PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia) cabang Bandung, senior dan seniorita sangat sering membanggakan seorang alumni yang saat ini bisa dikatakan sukses. Theodore Permadi Rachmat. Suatu ketika rasa penasaran membuat saya mencari tahu tentangnya dan menghasilkan kekaguman yang tidak pernah berkurang hingga saat ini. Kekaguman pun bertambah saat air mata tanpa permisi menetes ketika menyaksikannya di layar TV.

Dalam talk show Kick Andy (23/01), suara Theodore Permadi Rachmat terdengar bergetar saat mengatakan mimpinya, “Mau lihat tidak ada kemiskinan di Indonesia.”

Sangat banyak orang yang sudah memiliki kelebihan dalam hartanya, namun tidak semua orang terpanggil untuk berbagi seperti alumni PMKRI Cab. Bandung angkatan 1961 ini. Pak Tedy sama sekali tidak merasa kehilangan ataupun berkurang setelah membagikan sebagian hartanya. Ada filosofi hidup yang beliau pegang yaitu, “Jika memberi kita harus kaya, jika mau mengajar orang kita harus pintar, dan pengalaman saya, lebih banyak saya memberi, lebih banyak saya mendapatkan.”
Setiap tahunnya melalui Yayasan A&A Rachmat, Pak Tedy membagikan sebagian hartanya untuk memberi beasiswa kepada 1500  mahasiswa, donasi untuk 6500 anak yatim piatu , pembiayaan klinik di daerah kumuh dimana warga hanya membayar dengan biaya Rp.5000,00 yang setiap tahunnya mencapai 100.000 pasien.

Mat 6:3 Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.

Seiring berjalannya waktu Pak Tedy melaksanakan hal yang berbeda dari ayat alkitab umat Kristiani tersebut. Jika tangan kanan memberi, sebaiknya tangan kiri mengetahui karena dengan demikian tangan kiri akan ikut memberi. Di akhir talk show yang mengangkat tema “Milyarder Dermawan” tersebut, Pak Tedy mengajak rekan-rekan pengusaha untuk ikut mengulurkan tangan, berbagi kepada yang membutuhkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s